penyebab lovebird tidur terus

Kenali Penyebab Burung Lovebird Suka Tidur Terus

Diposting pada

Penyebab Lovebird Tidur Terus – Bagi kalian pecinta burung lovebird, perlu sekali mengenai beberapa penyebab kenapa burung lovebird suka tidur terus. Pada umumnya sendiri lovebird merupakan burung yang suka terbang kesana kemari dengan lincah serta suka berkicau dan itu menandakan bahwa lovebird kalian sehat.

Namun apabila kalian sering melihat lovebird kalian hanya tidur dan terdiam sambil menutupkan mata, maka kalian perlu memperhatikan secara lebih lanjut mengenai kondisi lovebird tersebut. Burung yang sering tidur entah itu pagi, siang, dan malam ini merupakan salah satu jenis penyakit burung yang sering dialami oleh lovebird. Biasanya faktor yang paling mempengaruhi terjadinya penyakit ini karena musim hujan.

Hal ini dikarenakan ketika hujan suhu menjadi dingin dan membuat burung malas untuk melakukan aktivitas. Wah kayak manusia aja nih, ketika hujan jadi malas gerak alias mager. Lalu kira kira apa sih penyebab spesifik burung lovebird tidur terus?

Penyebab Burung Lovebird Tidur Terus

Apabila burung lovebird kondisinya seperti lemas, letih, dan lesu maka anda perlu menangani dengan cepat. Biasanya burung suka berdiam ditangkringan dan terkadang di pojokan sangkar walaupun kita coba ulurkan tangan atau kita pegang burung tetap diam saja.

Ada satu hal yang perlu kalian lakukan yakni mengecek pada bagian dadanya apakah nyilet atau tidak. Namun, pada umumnya burung lovebird ini cenderung nyilet. Dengan demikian burung lovebird tersebut kurus dan bulu yang dimilikinya pun juga tidak halus.

Nyilet terjadi dikarenakan burung kekurangan asupan gizi, selain itu ada kemungkinan juga karena masalah sistem pencernaan burung yang sedang terganggu atau bermasalah.

Cara Mengatasi Burung Lovebird Tidur Terus

Berikut ada cara mengatasi yang bisa kalian coba, tentu saja sangat khawatir dan cemas sekali bukan? apabila kita melihat burung lovebird kesayangan kita tersebut yang tadinya beraktivitas dengan lincah dan bahkan rajin ngekek, tiba tiba terdiam begitu saja karena tidur terus.

Namun sebelum itu ada hal yang perlu diketahui lagi, terutama tidur terusnya itu setiap hari atau cuma sekali saja atau dengan kata lain jarang. Kalau jarang cukup beri makan saja dan minum secara teratur, akan tetapi jika sering maka kemungkinan besar burung lovebird tersebut sakit.

Baca Juga : 6 Cara Mudah Menjinakkan Burung Lovebird

Sebab ketika burung lovebird sakit maka akan mengurangi aktivitasnya, jarang gerak, jarang bunyi, dan bahkan tidak nafsu makan juga. Segera tangani dengan cara di bawah ini:

Berikan Vitamin

Tak hanya manusia yang perlu vitamin, lovebird pun juga memerlukannya. Tentu saja vitamin ini membuat lovebird menjadi burung yang sehat, selain membuat sehat vitamin burung juga dapat meningkatkan kualitas burung. Entah itu bertelur dan tingkat durasi kekekannya.

Vitamin-vitamin burung tersebut dapat anda beli di toko burung terdekat di ruamah anda. Biasanya vitamin burung lovebird ada yang diarahkan ke mulut lovebird dan ada juga yang dicampur dengan minuman lovebird. Atasi penyakit lovebird suka tidur dengan vitamin secara teratur, karena sangatlah ampuh.

Jemur Lovebird

Menjemur lovebird merupakan salah satu cara untuk mengatasi burung lovebird yang sakit. Karena pada dasarnya lovebird juga membutuhkan asupan sinar matahari yang pas untuk kesehatan dan kualitas burung lovebird. Pilih jam yang tepat untuk menjemur dan jangan kelamaan juga menjemurnya.

Pada pukul 8 pagi hingga jam 10, merupakan waktu yang tepat untuk menjemur dengan durasi 1-1 setengah jam dan dua jam pun tidak masalah. Sebelum kalian jemur burungnya alangkah baiknya mandikan terlebih dahulu biar burungnya segar hingga basah kuyup ya memandikannya.

Setelah selesai dijemur masukkan ke dalam kandang lovebird seperti biasanya. Hal ini kalian lakukan secara rutin satu minggu boleh hingga dua minggu pun boleh.

Menjaga Kebersihan Kandang Burung

Kandang lovebird yang jarang dibersihkan tentu saja ini menyebabkan lovebird kalian terkena suatu penyakit. Karena lingkungan yang kotor menyebabkan jamur maupun virus berkembang dengan cepat lalu menyerang kesehatan lovebird kalian. Selain mendatangkan virus,bakteri, dan jamur, kondisi sangkar yang kotor juga membuat lovebird tidak nyaman.

Lovebird sendiri sebenarnya merupakan burung yang suka akan kebersihan, jadi jangan sampai kandang lovebird sampai tidak terawat dan tidak bersih ya. Jadi usahakan untuk selalu membersihkan kandang burung lovebird secara rutin dan berkala terus menerus. Ini mampu mencegah beberapa penyakit termasuk snot juga.

Ganti Air Minum Setiap Hari

Mengganti air minum setiap hari merupakan tindakan yang penting dan bagus sekali untuk burung lovebird. Apalagi jika sampai tidak diganti, biasanya akan membuat tempat minum lovebird berlumutan, dan itu dapat mendatangkan penyakit. Jadi sebisa mungkin ganti air secara teratur dan itu memberikan efek yang luar biasa terutama untuk kesehatan lovebird.

Berikan Makanan Tambahan

Cara mengobati lovebird suka tidur yang paling ampuh dengan memberikan makanan tambahan. Di mana makanan tersebut bisa berupa suplemen untuk menggemukan burung lovebird. Jagung misalnya, ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan vitamin dan protein bagus untuk lovebird. Selain itu kalian bisa memberikan juga tauge dan kuaci untuk lovebird, seminggu dua kali atau seminggu tiga kali juga tidak masalah.

Baca Juga : 4 Vitamin untuk Burung Lovebird Segala Manfaat Dari Gacor dan Bertelur Banyak

Jadi itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi lovebird yang suka tidur terus. Intinya kalian perhatikan lovebird itu tidur terus sering atau tidak, jika sering maka cepat tangani. Seperti memperhatikan suplemen dan vitamin burung, kebersihan kandang, dan jemur setiap hari. Semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

Gambar Gravatar
Suka denger Burung Berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *