penyebab lovebird stres

6 Penyebab Lovebird Stres dan Ciri-Cirinya yang Wajib Anda Ketahui

Diposting pada

Penyebab Lovebird Stres-Tentunya untuk para pemula yang baru saja memelihara burung lovebird, belum sepenuhya mengetahui ciri-ciri dan penyebab lovebird stres. Eits tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stres akan tetapi hewan pun juga bisa salah satunya burung lovebird. Lovebird stres tentu saja akan memberikan ciri-ciri yang spesifik dan khusus serta tidak seperti lovebird seperti pada umumnya.

Lebih parah lagi jika lovebird stres berat dan pada akhirnya gak mau makan, maka ujung-ujungnya bisa mati. Pastinya gak mau kan apabila burung labet kesayangan kita tersebut sampai mati. Belum lagi jika burung lovebird tersebut adalah mantan juara dan sebagainya yang dimana mau ngekek panjang.

Maka dari itu anda perlu memperhatikan beberapa hal salah satu penyebabnya agar nantinya lovebird kalian tidak mengalami stres lagi. Ingin tahu beberapa penjelasan mengenai penyebab lovebird stres? berikut di bawah ini akan saya uraikan mengenai penyebabnya. Namun sebelum itu alangkah baiknya juga kalian mengetahui ciri ciri utama lovebird sedang stres.

Ciri-Ciri Lovebird Sedang Stres

1. Terlalu Giras

Ciri-ciri yang pertama dan begitu kental menyatakan bahwa lovebird tersebut stres ialah lovebird terlalu giras. Jadi ketika didekati orang langsung terbang-terbang seperti ngruji alias tidak mau diam. Ini menandakan lovebird sangat ketakutan apabila didatangi manusia. Selain itu lovebird ingin rasanya keluar dari kandang karena benar benar ketakutan.

2. Lovebird Jarang Ngekek Lagi

Mungkin waktu anda pertama beli rajin banget ngekek dan sekarang sudah jarang banget ngekek? maka ini bisa saja lovebird sedang stres. Bahkan bisa membisu dan tidak mau ngekek sama sekali.

3. Lovebird Lemas dan Suka Tidur

Sebelum mengalami stres kemungkinan dulu gak suka tidur setiap saat dan agak aktif tapi bukan giras ya. Tiba tiba menjadi lemas dan sering tidur? nah ini menjadi salah satu ciri ciri lovebird kalian baru stres. Ini juga termasuk stres yang sudah parah ya.

4. Lovebird Sering Cabut Bulu

Ciri ciri lovebird stres berikutnya yakni labet kalian suka cabul atau cabut bulu. Dimana sering mencabuti bulu dada sendiri dan bahkan bulu sayapnya sendiri.

5. Diam Terus

Ciri-ciri yang terakhir yakni lovebird sering diam terus, gakĀ  mau makan, gak mau minum, gak mau bersuara, dan masih banyak lagi. Nah ini nih yang paling berbahaya, apalagi kalau gak mau makan bisa gawat banget tuh.

6. Nafsu Makan Menurun

Biasanya sehari bisa habis satu jagung, kemudian hari malah gak dimakan sama sekali. Ini bisa menandakan kondisi lovebird sedang tidak baik-baik saja. Bisa jadi karena stres dan bisa juga sih karena bosan makan-makanan yang itu terus.

Setelah mengetahui ciri-ciri lovebird stres, maka inilah saatnya mengetahui penyebab lovebird stres. Kira-kira apa sih yang membuat lovebird jadi seperti itu? berikut di bawah ini akan saya jelaskan dengan gamblang.

Penyebab Lovebird Stres Gak Mau Makan, Gak Mau Minum, dan Cuma Diam Terus

1. Kesalahan Perawatan

Kesalahan perawatan merupakan salah satu faktor utama yang begitu kuat kenapa lovebird kalian jadi stres dan gak mau makan. kesalahan perawatannya seperti memandikan burung secara paksa, stel pakan yang salah, dan masih banyak lagi.

2. Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Bisa juga setelah mengikuti perlombaan ataupun COD beli lovebird, karena perjalanan jauh lah yang bisa membuat lovebird menjadi stres. Akan tetapi tidak semua lovebird seperti ini kok, hanya beberapa saja yang terkadang seperti ini. Biasanya lovebird yang mentalnya kuat dan tubuhnya fit maka akan tidak stres walaupun perjalanan sejauh apapun.

3. Baru Mengenal Lingkungan Sekitar

Penyebab lovebird stres berikutnya karena bisa saja dikarenakan baru beradaptasi maupun baru mencoba mengenal lingkungan sekitar. Ini berlaku untuk burung lovebird yang baru saja beli ya. Ini termasuk stres ringan, dan anda tidak perlu khawatir. Lama kelamaan akan normal lagi kok.

4. Ditinggal Pasangan

Gak hanya manusia aja yang stres ditinggal pasangan, akan tetapi lovebird pun juga bisa stres. Untulan sendiri terkadang ada yang kabur dan ada juga yang mati. Kalau yang ditinggal mati sih yang paling parah ada juga yang ikutan stres dulu baru mati. Kalau yang kabut identik suka diam terus dan kadang ada yang ngruji gak mau diam di kandang.

5. Habis Pindah Kandang

Penyebab berikutnya dikarenakan habis pindah kandang, jadi mungkin kandang lama sudah jelek dan pindah ke kandang baru yang lebih bagus. Maka biasanya lovebird akan stres ringan, tapi ini hanya beberapa hari saja kok tidak lama dan kemudian akan berdaptasi lagi dengan kandang yang baru.

6. Takut dengan Sesuatu

Yang terakhir bisa saja lovebird kalian takut dengan sesuatu hal. Bisa saja takut dengan manusia, mobil lewat, gilingan padi yang keliling itu, suara yang kencang, dan hewan berbahaya yang membuat lovebird takut. Apabila keseringan, maka tentu saja membuat labet kalian jadi stres.

Akhir Kata

Jadi itulah mengenai beberapa penyebab yang wajib anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk anda semuanya, sekian dan terima kasih. Apabila ada pertanyaan lain sekitar lovebird stres, boleh langsung tanyakan di kolom komentar bawah.

 

Gambar Gravatar
Suka denger Burung Berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *