kekurangan kandang koloni lovebird

5 Kekurangan dan Kelemahan Kandang Koloni Lovebird

Diposting pada

Kekurangan Kandang Koloni Lovebird – Setelah kemarin kita bahas tentang kelebihan ternak lovebird dengan menggunakan kandang koloni. Maka saat ini kita akan bahas juga mengenai kekurangan kandang lovebird model koloni. Memang menggunakan kandang lovebird koloni ini bisa meningkatkan penghasilan, karena lovebird akan mencari jodoh sendiri dan bisa mendapatkan pasangan sendiri.

Tapi kekurangan maupun kelemahan kandang lovebird koloni ternyata juga begitu berbahaya dan memprihatinkan. Ingin tahu apa saja kekurangannya maupun kelemahan kandang lovebird koloni? simak sebagai berikut. Beberapa hal di bawah ini sering teman saya alami, mimin juga belum nyoba sih cuma sudah tanya-tanya dan melihat-lihat di youtube, kebanyakan mengalami masalah yang sama. Lebih jelasnya silahkan simak di bawah ini.

Kekurangan dan Kelemahan Kandang Koloni Lovebird

1. Susah untuk Membersihkan Kandang

Sebenarnya ini tidak semua, tapi ada beberapa juga yang merasakan hal ini. Biasanya ketika menggunakan kandang kapsul atau kandang kotak, itu sudah ada lepek atau tempat kotoran burung, jadi kita membersihkannya dengan mudah. Lalu untuk di koloni sendiri biasanya cenderung di lantai langsung. Dan harus ekstra membersihkannya, tapi punya saudara saya menggunakan lantai dasar media pasir. Jadi cukup dibolak-balik maka kotoran burung akan terurai dan hilang.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi Paling Ampuh

2. Lovebird Bisa Mengalami Nyilet

Burung lovebird yang nyilet, di mana lovebird tidak ada daging sama sekali hanya tulang saja, ibaratnya seperti gizi buruk, merupakan kondisi burung lovebird yang begitu memprihatinkan. Di kandang lovebird koloni, ini bisa banget terjadi dan sering banget. Karena satu lovebird dengan lovebird lainnya pasti berkompetisi dalam hal mencari makan dalam satu ekosistem atau dalam satu kandang koloni ini. Apabila kalah bersaing biasanya tidak makan dan pada akhirnya nyilet.

3. Rawan Pembantaian

Banyak sekali tipe-tipe lovebird, ada yang tipe fighter ngekek, ada tipe yang agresif sangat usil dan nakal dengan lovebird lainnya. Biasanya langsung kelahi dengan lb satu dengan yang lain, pada akhirnya tidak mau makan dan terbantai. Apabila sudah terbantai biasanya lovebird seperti tidak sehat dan kurang bersemangat. Bahkan juga sering tidur terus dalam tangkringan.

4. Pemain Warna Lovebird Kurang Cocok

Apabila kalian pemain lovebird warna, maka kandang koloni sangatlah tidak cocok. Seperti kita ketahui para pemain warna akan saling menjodohkan antara gen yang ini dan yang itu biar bisa menghasilkan lovebird sesuai target agar ketika dijual nanti bisa menghasilkan harga yang tinggi. Kurang lebih seperti itu, sedangkan untuk kandang lovebird koloni sendiri cenderung akan mencari pasangan sendiri. Jadi lebih bebas, bebas di sini bebas mencari pasangan dan bebas melahirkan anak jenis apapun itu pokoknya telurnya menetas dan warna tidak terlalu dipedulikan.

Baca Juga : Kenali Penyebab Burung Lovebird Suka Tidur Terus

5. Rawan Terkena Penyakit Menular Pada Burung

Kekurangan yang terakhir ketika anda memilih menggunakan kandang lovebird koloni yakni dikarenakan di kandang tersebut mudah banget sebagai tempat berkumpulnya kuman dan penyakit. Apalagi koloni, yang di mana letaknya tidak berjauhan. Berbeda dengan kandang kapsul maupun kotak, apabila ada salah satu burung yang terkena penyakit bisa kita jauhkan terlebih dahulu dan kita sembuhkan. Jika koloni ini maka biasanya akan mudah cepat menular ke burung lovebird yang lain.

Sampai di sini sudah tahu beberapa kelemahan kandang lovebird koloni bukan? semoga bermanfaat untuk anda semuanya. Apabila ada pertanyaan silahkan tanyakan saja, sekian dan terima kasih.

 

 

 

Gambar Gravatar
Suka denger Burung Berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *