lovebird macet produksi

Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi Paling Ampuh

Diposting pada

Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi – Sebagai breeder lovebird pastinya sangat senang sekali ketika lovebird yang dimiliki bertelur dengan jumlah yang banyak serta menghasilkan lovebird unggulan dan memiliki harga jual yang mahal. Namun nyatanya keadaan pastinya tidak selalu baik dan bakal ada tantangan maupun masalah yang hadir. Seperti salah satunya yakni ketika lovebird yang tadinya rajin bertelur entah mengapa tidak ada angin tidak ada hujan tiba-tiba lovebird macet produksi.

Pada umumnya mungkin sebelumnya ketika anakan lovebird sudah mulai dipisah dari indukannya, lalu dalam kurun waktu 3 sampai 5 hari saja lovebird mau bertelur lagi. Tapi kok saat ini tidak mau bertelur sama sekali, padahal sudah kawin dan kalian mungkin juga sudah melihat ketika lovebird sedang kawin. Dan mengira itu bakalan jadi telur dan memberikan telur lagi yang di mana dapat menghasilkan anakan lovebird yang bagus.

Akan tetapi kok hingga saat ini mungkin sudah sampai seminggu bahkan ada juga yang sebulan tetap saja tidak mau bertelur? atau banyak para pecinta lovebird mengistilahkan ini adalah macet produksi. Benar-benar macet total dan tidak mau bertelur lagi. Sebelum membahas ke inti, pastinya kalian mungkin penasaran banget. Kira kira penyebabnya apa sih kenapa lovebird tidak mau bertelur lagi?

Apakah ada kesalahan dalam merawat lovebird ataupun ada kesalahan lainnya? untuk informasi lebih jelasnya mengenai penyebab lovebird stop produksi, di sini saya akan memberikan sedikit informasi tentang penyebabnya yang wajib kalian ketahui.

Baca Juga : 6 Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Suka Cabut Bulu Sendiri

Agar nantinya ketika ingin mulai beternak lagi tidak takut lagi lovebird stop produksi dan bahkan jika mengalami anda bisa menangani dengan cepat.

Penyebab Lovebird Macet Produksi

Berbicara mengenai penyebab di sini saya akan sharing mengenai penyebabnya yang mungkin saja terjadi pada lovebird kalian.

1. Nglemak

Nglemak merupakan tumpukan lemak yang terdapat pada bagian anus lovebird yang di mana ini sering kali melentung atau melembung sehingga menutupi jalan keluar telur ataupun bisa dikatakan juga mengganggu ketika lovebird kawin sehingga jantan tidak dapat membuahi telur. Kalau sepemahaman mimin seperti itu, intinya sih ada bagian lemak yang menutupi bagian anus lovebird.

Nglemak sendiri biasanya diakibatkan karena lovebird jarang terkena sinar matahari dengan demikian lemak pun dapat menumpuk dan mengganggu proses kawin. Hal ini begitu sering dialami terutama oleh pemula, untuk mengeceknya silahkan kalian cek pada bagian anus lovebird apakah ada benjolan yang kenyal atau tidak, jika ada maka itu nglemak.

2. Lovebird Stress

Ketika lovebird stress tentu saja kondisinya tidak fit atau tidak prima. Apabila lovebird sedang dalam kondisi tersebut maka susah untuk kawin karena mungkin saja lovebird tidak dalam masa subur dan tidak birahi. Maka dari itu perlu sekali memperhatikan burung, kira kira stress atau tidak. Banyak sekali ciri-ciri lovebird stress seperti salah satunya lovebird jarang makan dan hanya berdiam saja di tangkringan.

3. Glodok Kotor dan Ada Serangga

Apabila dalam glodok sudah sering kali dipakai untuk menetaskan anakan lovebird misalnya sudah 7 kali produksi dan setiap anakan ada 3 hingga 4, dan sudah 7 kali intinya. Maka tentu saja di situ bakalan banyak kotoran dan bulu burung yang tertumpuk menjadi satu. Itu menyebabkan munculnya banyak kuman dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan burung. Selain itu mungkin saja ada serangga ataupun semut yang masuk sehingga ketika ada semua hal tersebut mulai dari bakteri, kuman, dan serangga menyebabkan burung enggan untuk bertelur.

Baca Juga :  6 Ciri Ciri Lovebird Fighter Ngekek Panjang yang Wajib Anda Ketahui

4. Jarang Terkena Sinar Matahari

Silahkan kalian cek dan perhatikan, apakah kandang lovebird kalian sudah terpapar sinar matahari atau tidak? jika tidak ini menjadi masalah yang serius. Pada umumnya semua mahluk hidup membutuhkan yang namanya matahari, karena bagus untuk kesehatan. Lovebird pun demikian, apabila jarang terkena matahari ini menyerang kesehatan lovebird dan nglemak pun bisa terjadi juga karena kekurangan sinar matahari.

5. Menurunnya Konsumsi Pakan Lovebird

Dalam memelihara lovebird memang sering kali kita memberikan pakan harian maupun pakan tambahan. Pakan harian merupakan makanan harian burung lovebird sedangkan untuk pakan tambahan ini biasanya bersifat untuk nutrisi tambahan agar lovebird semakin berkualitas, apabila anda mengurangi konsumsi lovebird atau dengan kata lain kebutuhan lovebird tidak tercukupi maka bisa saja ini menjadi penyebab kenapa lovebird kalian stop produksi.

Jadi itulah beberapa penyebab yang wajib kalian ketahui. Lalu mengenai cara mengatasinya bagaimana? biar lovebird mau produksi lagi? berikut di bawah ini saya juga jelaskan kok tenang simak uraian berikut ini.

Cara Mengatasi Lovebird Macet Produksi

Ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi stop produksi pada lovebird, silahkan kalian ikuti saja beberapa langkah-langkah di bawah ini:

1. Pindahkan Satu Pasang Lovebird Ke Kandang Kapsul

Langkah yang pertama silahkan kalian pindahkan terlebih dahulu terutama pasangan lovebird yang macet produksi ke kandang lovebird yang kapsul. Mungkin sebelumnya kalian taruh lovebird tersebut di kandang kotak atau kandang koloni yang terdapat glodok, maka segera pindahkan dulu ke kandang kapsul. Ini bertujuan mempermudah penjemuran.

2. Mandikan Lovebird dan Dijemur Pada Pagi Hari

Langkah berikutnya silahkan pada pagi hari kisaran pukul 7 hingga 8 atau 8 hingga 9 bebas pokoknya kedua itu untuk memandikan lovebird sekaligus menjemur lovebird. Ini bertujuan agar lovebird sehat kembali dan bugar kembali, ini juga berfungsi untuk menghilangkan lemak yang terdapat pada lovebird kalian. Karena dengan menjemur ini ampuh banget.

Baca Juga :  5 Ciri Ciri Lovebird Tidak Jodoh yang Harus Kalian Ketahui

Mungkin kalian bertanya, berapa lama? kalau bagusnya sih 1 minggu tapi kalau lemaknya belum kempes-kempes maka 2 minggu pun tidak apa-apa. Pokoknya perhatikan saja pada bagian anusnya apakah masih nglemak atau tidak, jika sehari saja sudah kempes lemaknya maka sehari saja cukup.

3. Tunggu Hingga Kawin Lagi

Pada cara ini kalian harus benar benar mengamati secara langsung lovebird kalian, apakah mau kawin atau belum, jika sudah ini adalah hal yang bagus. Jadi sebelum memindahkan ke glodok anda harus benar benar memastikan lovebird sudah kawin. Apabila sudah terpantau kawin, kita next ke langkah berikutnya.

4. Memindahkan Ke Kandang Ternak

Berikutnya silahkan pindahkan kembali ke kandang ternak, pastikan kandang ternak dalam kondisi yang bersih serta tidak lembab. Pastikan juga tidak ada hewan ataupun serangga yang masuk ke dalam glodok agar lovebird mau bertelur lagi.

5. Pemberian Makanan Tambahan dan Vitamin Lovebird

Langkah yang terakhir silahkan berikan pakan tambahan seperti jagung dan sayur kangkung ini dapat meningkatkan birahi lovebird. Selain itu pemberian vitamin lovebird juga bisa loh karena selain sebagai vitamin ini juga bisa sebagai obat. Banyak sekali jenisnya vitamin lovebird ebod breeding, suplemen dan masih banyak lagi.

Sampai di sini sudah jelas bukan mengenai cara mengatasi lovebird stop produksi maupun penyebab-penyebabnya? apabila ada hal yang perlu kalian tanyakan silahkan tanyakan saja. Semoga bermanfaat buat kalian semuanya, sekian dan terima kasih.

 

 

 

 

Gambar Gravatar
Suka denger Burung Berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *