cara burung lovebird cepat bertelur

5 Cara Ampuh Agar Burung Lovebird Cepat Bertelur

Diposting pada

Cara Burung Lovebird Cepat Bertelur-Halo sobat burung kicau dan pokoknya teman-teman semuanya para pecinta burung. Bagi kalian yang ingin beternak lovebird atau sering juga disebut labet, memang bisa dibilang susah-susah gampang untuk pemula. Gampangnya jika sudah pernah produksi telur dan bisa menetas, maka itu bisa jangka panjang dan akan terus menghasilkan banyak keturunan.

Susahnya sendiri ketika menjodohkan ataupun membuat indukan baru yang dimana nantinya dijadikan sebagai indukan produksi. Namun biasanya untuk para pemula ketika awal-awal membeli labet itu sudah berpasangan. Jadi kita tinggal beli kandang kotak beserta glodoknya, dimana nanti labet pun sudah siapan.

Akan tetapi jika hanya sebatas dikasih makan terus tidak selalu bisa langsung bertelur. Terkadang ada juga beberapa labet harus menggunakan metode khusus agar mau bertelur dengan cepat. Seperti milik saya, alhamdulilahnya hanya sekedar saya kasih pakan setelah 2 minggu membeli alhasil bertelur dengan jumlah telur 2. Itupun baru pertama kalinya bertelur si lovebirdnya, tentu saja bagi para pemula akan sangat menyenangkan sekali apabila burung kesayangan kita bertelur.

Bagi kalian para peternak labet pemula yang dimana burung kesayangannya belum bertelur, tidak usah khawatir karena pada kali ini saya akan menjelaskan cara beternak lovebird agar cepat bertelur. Lebih jelasnya lagi silahkan perhatikan dengan seksama beberapa cara yang ampuh di bawah ini.

Daftar Isi

Cara Burung Lovebird Cepat Bertelur yang Patut Dicoba

Sebelum itu kalian harus memastikan juga kandang yang kalian gunakan itu modelnya gimana, kandang untuk peternak labet sendiri ada dua yakni ada kandang kotak dan ada kandang yang model koloni. Untuk yang model koloni usahakan siapkan glodok sesuai jumlah burungnya. Misalnya 5 pasang, maka siapkan juga 5 pasang. Sedangkan untuk kandang kotak sendiri menurut saya lebih cepat produksi timbang koloni. Memang jika koloni lebih cepat banyak, namun tentu saja ada beberapa kekurangannya.

1. Beri Makan Kangkung

Tidak hanya manusia saja yang doyan dengan sayur kangkung, melainkan burung labet pun juga doyan. Loh emangya kangkung bisa bikin burung cepat bertelur? yaps tentu saja bisa. Karena kangkung sendiri fungsinya yakni meningkatkan birahi si burung lovebird agar cepat kawin. Kalian bisa mencincang-cincang kangkungnya menjadi kecil dan kemudian taruh saja di kandang labetnya.

Ingat ini bukan pakan harian, melainkan hanya sebagai makanan tambahan saja. Dan jangan terlalu banyak juga, karena tidak bagus juga kalau kebanyakan.

2. Jangan Terlalu Banyak Memberikan Pakan Jagung Manis

Salah satu makanan favorit labet sendiri merupakan jagung manis, akan tetapi bagi para peternak itu merupakan sebuah larangan yang besar apabila memberikan pakan jagung dengan jumlah yang banyak. Karena di jagung sendiri terkandung banyak lemak, dimana dapat menghambat reproduksi burung apabila terlalu banyak lemak alias kegemukan.

Bahkan yang sangat disayangkan mungkin mau bertelur, akan tetapi telur tidak mau menetas semua. Maka agar telur lovebird menetas semua, beri jagung secukupnya saja.

3. Selalu Pantau Burung Labet

Memantau burung lovebird sendiri sangatlah penting, kira kira sudah kawin atau belum, ciri ciri betina yang siap untuk kawin yakni ketika betina mengepakkan sayapnya yang bentuknya mirip pesawat. Ketika jantan sudah melakukan aksinya, maka pada saat itulah si burung sedang kawin. Maka anda harus benar benar memperhatikan terus, kira kira sudah kawin atau belum. Karena banyak juga yang sudah menunggu lama, ternyata tidak cocok antara jantan dan betina, dan tidak mau kawin.

4. Tulang Ikan Sotong

Sotong sendiri berbeda ya dari cumi-cumi, ini merupakan pakan burung lovebird yang mampu meningkatkan birahi burung. Selain meningkatkan birahi burung agar cepat kawin, ini juga dapat memperbagus kualitas telur lovebird. Kalian bisa membelinya di pasar-pasar burung, pasti banyak yang menyediakan kok.

5. Berikan Perlakukan Khusus

Tentu saja agar lovebird cepat bertelur, ada hal yang perlu kalian lakukan. Yakni mulai dari jangan sampai telat memberi pakan, jumlah pakan agak diperbanyak, selalu membersihkan kandang dan pastikan juga mendapatkan cahaya matahari pagi yang cukup karena itu bagus untuk si burung labetnya.

Akhir Kata

Jadi itulah mengenai beberapa cara burung lovebird cepat bertelur. Bagaimana sangatlah mudah sekali bukan? semoga cara ini bermanfaat untuk anda semua yang ingin memulai beternak lovebird. Apabila ada pertanyaan silahkan langsung tanya saja. Sekian dan terima kasih.

 

Gambar Gravatar
Suka denger Burung Berkicau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *